Sabtu, 01 Desember 2012

Karanggayam Caturtunggal Depok Sleman Part 3

Akhirnya Lanjut Lagi Dech Tulisanku Tentang Beberapa Tempat Dan Bangunan Yang Menjadi Trade Mark Dusun Karanggayam Caturtunggal Depok Sleman.

Tadinya Saya Sempat Down Untuk Nerusin Tulisan Ini Karena Suatu Hal Yang Tak Bisa Saya Ungkpalan Di Sini.Yach Dari Pada Kelamaan Mending Lanjut Aja Dech.

 7.Lapangan Perkutut Karanggayam


Lapangan Perkutut Karanggayam

Tanah Yang Digunakan Berstatus Tanah Kas Desa Yang Di Sewa Oleh Bapak Yusuf Rekso Wardoyo.
Namun Setelah Bapak Yusuf Rekso Wardoyo Sudah Tidak Tinggal Lagi Di Dusun Karanggayam Entah Siapa Lagi Yang Menyewa Tanah Yang Digunakan Sebagai Lapangan Untuk Lomba Burung Perkutut Tersebut Saya Sendiri Tidak Tahu.

Selain Sebagai Tempat Lomba Burung Perkutut Lapangan Ini Juga Sering Di Gunakan Sebagai Tempat Sholat Ied [ Idul Fitri Dan Idul Adha ].


8.Masjid Istiqomah Karanggayam

Masjid Istiqomah Karanggayam

Masjid ini berada di Padukuhan Karanggayam dan dimiliki oleh semua umat muslim sedunia. Siapa pun berhak untuk shalat di dalam masjid ini selama pintu masjid ini terbuka. Kalo lagi tutup, silakan shalat di belakang masjid. Masjid ini menyediakan free internet hotspot.namun karena suatu hal free internet hotspotnya di tiadakan

Berikut deskripsi Masjid Istiqomah Karanggayam
  • Masjid ini terletak persis di tepi jalan utama kampung. 

  • Bagian luar masjid gampang dibedakan dengan warna utama hijau muda dan hijau tua. Terdapat menara speaker dengan kubah warna emas yang sama dengan kubah utama atap masjid. 

  • Sisi utara masjid tepat bersisian dengan jalan kampung. Terdapat pagar untuk jalan masuk ke wilayah masjid. Pada sisi utara terdapat satu tempat wudhu dengan 4 kran air dan 1 buah WC. Sisi utara terdapat teras kecil sepanjang 5 shaf selebar 2 orang. Di bawah teras ini tempat para jamaah memarkir alas kaki. 

  • Sisi barat mentok rumah warga terdapat mimbar dalam imam area serta kamar takmir dengan satu-satunya pintu yang berada pada sisi utara masjid. 

  • Sisi selatan masjid mentok rumah warga terdapat tempat wudhu dan WC. 

  • Sisi timur masjid terdapat halaman yang biasanya menjadi tempat parkir. Sisi timur adalah area shalat tambahan tanpa dinding dengan atap asbes dan dipagari kayu setinggi dada dengan dua pintu masuk. Bagian ini khusus diisi oleh wanita pada bulan Ramadhan. 

  • Bagian dalam masjid terdapat 2 bagian. Bagian depan dan bagian belakang. Bagian depan adalah hasil perluasan ke depan pada tahun 2006 dengan satu pintu masuk paling dekat di sebelah utara. Bagian belakang adalah bagian original masjid yang lebih rendah setengah lutut dari bagian utama dengan 2 pintu masuk di bagian belakang. 

Imam di masjid ini juga sudah terorganisir dengan baik. Terdapat prioritas imam dalam menjalankan tugasnya. Jika imam primer tidak ada, maka digantikan oleh imam sekunder begitu seterusnya.
     
    1. Bapak Zainal
    2. Bapak Mujiono
    3. Bapak Mulyono
    4. Bapak Tukijan
    5. Bapak Soeharto
    6. Bapak Lukman ( rt 4 )  
     
 di sadur dari sini dengan sedikit perubahan

Entah Sejak Tahun Berapa Masjid Ini Berdiri Saya Tidak Tahu.Berdiri Di Atas Tanah Yang Di Wakafkan Oleh Bapak Tukijan [ Luasnya Saya Tidak Tahu ].

Dulu Masjid Ini Tak Begitu Mampu Menampung Jamaah Dalam Jumlah Cukup Banyak Karena Luas Masjid.Namun Setelah Mengalami Renovasi Kini Masjid Ini Mampu Menampung Jamaah Dalam Jumlah Yang Cukup Banyak.

9.Lapangan Voli Karanggayam

Lapangan Voli Karanggayam

Terletak Di Bagian Selatan Lapangan Perkutut Dan Bagian Timur Gedung Balai Dusun Karanggayam.Dulu Lapangan Ini Memang Sering Digunakan Sebagai Tempat Main Bola Voli Oleh Para Warga Asli Dusun Karanggayam Dan Warga Kost Dusun Karanggayam.

Namun Lambat Laun Kegiatan Tersebut Hilang Dengan Sendirinya Padahal Dulu Saya Sebagai Sie Kegiatan Di Organisasi Ikatan Pemuda Karanggayam 17 [ IKADAYA 17 ] Sudah Banyak Upaya Untuk Menggerakkan Kegiatan Bermain Bola Voli.

Tapi Lama - Lama Saya Merasa Stuck Dan Akhirnya Kegiatan Bermain Bola Voli Ini Pun Menghilang.Dulu Di Sini Tertancap 2 Buah Besi Rel KA Yang Digunakan Sebagai Tiang Pancang Net Permainan Bola Voli.
Namun Pada Saat Kerja Bhakti Persiapan Hari Raya Korban Tahun 2012 Kedua Besi Itupun Tamat Riwatnya [ Di Cabut ].

10.Tugu Jam Karanggyam

Tugu Jam Karanggayam Bagian Utara





Entah Tahun Berapa Tugu Jam Ini Di Bangun [ Lupa ] Yang Jelas Tugu Ini Dibangun Ketika Saya Masih Anak - Anak.Tugu Jam Di Dusun Karanggayam Ada 2 Buah.Yang Di Foto Adalah Tugu Jam Bagian Utara.Berikut Tugu Jam Bagian Selatan.

Tugu Jam Karanggayam Bagian Selatan

Yaaaach Sekian Dulu Tulisan Saya Kali Ini Dan Insya Allah Bersambung Lagi......Thank You For Reading And Good Bye Next Time


2 komentar:

Posting Komentar