Pages

Senin, 19 November 2012

Bendung Tegal


Adalah bendungan atau waduk yang berfungsi sebagai sarana irigasi sawah di sekitarnya. Air bendungan ini diambil dari aliran air Kali Opak yang merupakan salah satu kali yang besar di wilayah Yogyakarta. Bendung Tegal terletak di desa wisata Kebonagung, Imogiri, sekitar 17 km ke arah selatan dari Kota Yogyakarta.


Sebagai sebuah tempat wisata alam, Bendung tegal menyuguhkan wisata air dengan menggunakan perahu naga. Bahkan di bendungan ini juga telah dilaksanakan Lomba Perahu Naga tingkat nasional yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

 
Mungkin banyak pembaca yang belum mengenal keberadaan Bendung Tegal yang terletak di Desa Canden, Jetis, Bantul, Yogyakarta, bahkan bagi masyarakat Yogyakarta sendiri. Sebuah bendungan yang di lalui Sungai Opak yang berjarak sekitar 14 km dari pusat kota Yogyakarta arah ke selatan melalui Jl Parangtritis berdampingan dengan Desa Wisata Kebon Agung.


Bendungan seluas tiga hektare dengan lebar sekitar 100 meter ini sangat cocok untuk dikembangkan sebagai wisata air alternative dekat pusat kota Yogya. Banyak kegiatan bisa di lakukan di sini seperti memancing, dayung, bahkan yang baru-baru ini di lakukan adalah lomba perahu naga selain tentunya wisata keluarga dengan mengajak anak-istri berwisata murah meriah di sini di tambah pemandangan di sisi kiri kanan bendungan menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung.


Namun sayang, potensi ini belum di manfaatkan masyarakat & wisatawan karena kurangnya informasi. Mungkin pemerintah daerah setempat harus banyak mengadakan promosi & agenda kegiatan wisata di tempat ini, nah bagi pembaca yang sedang liburan ke yogya, mari sempatkan waktu anda mengunjungi tempat ini, Yogya tidak hanya Malioboro, Kraton, Borobudur & Parangtritis namun masih banyak tempat-tempat menarik di wilayah lain yang sayang untuk di lewatkan begitu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar